Cari Blog Ini

Kamis, 17 November 2011

Tips Meningkatkan SEO

Tips Meningkatkan SEO
Search Engine Optimization atau yang lebih dikenal sebagai SEO merupakan salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan bisnis online Anda. Apalagi SEO yang baik diyakini mampu mengarahkan blog atau situs bisnis Anda ke peringkat utama di halaman hasil pencarian berdasarkan beberapa kata kunci tertentu. Hal tersebut tentunya dapat menyemburkan traffic yang pastinya bakal berimbas pada meningkatknya peluang bisnis. Untuk menyegarkan kembali benak Anda, berikut 13 langkah untuk mengefektifkan dan meningkatkan SEO pada bisnis online Anda.
  • Hal pertama yang harus diingat saat membangun sebuah website dengan SEO adalah “all about text.” Spider akan meng-crawl dan membaca makanan yang berupa teks, tidak peduli seberapa cantik grafik Anda atau bahkan seberapa keren layout di situs Anda.
  • Untuk setiap halaman di dalam website Anda,menambahkan descriptive keyword text tag akan meningkatkan hasil Search Engine Optimization yang telah Anda lakukan. Hindari hanya menruh nama blog Anda. Pasalnya, tidak ada yang bisa melihat petunjuk tentang siapa Anda kecuali Anda adalah orang-orang yang betul-betul tenar. Pertimbangkan untuk mearuh keyword yang menjelaskan tentang lahan bisnis Anda atau layanannya. Keyword ini biasanya adalah kata yang digunakan oleh user saat akan menemukan informasi secara spesifik.
  • Pertimbangkan lagi saat ingin mendesain website Anda. Hindari penggunaan terlalu banyak image maps atau drop down menu. Jika Anda harus menggunakannya, pastikan untuk menyertakan text link di sana. Link-link ini lah yang sesungguhnya akan dicrawl oleh sang spider.
  • Jangan terlalu memusingkan website extension yang ingin Anda pakai. Stuff like .html, .htm, atau .php bukanlah yang dicari oleh search engine dan tidak akan mempengaruhi SEO Anda.
  • Setiap halaman di dalam website Anda harus memiliki link yang akan mengarah kembali ke homepage. Pastikan Anda menggunakan alamat URL yang sama. Me-link sites map Anda ke halaman utama tidak butuh penyertaan extension dari /index.html.
  • Konten adalah raja dan keyword adalah elemen utama di sana. Sebelumnya, sangat penting jika Anda menyediakan konten berkualitas yang segar dengan kata kuci terbaik yang relefan di dalamnya.
  • Take note. Jika bisnis Anda efektif dilakukan di beberapa lokasi, Anda mungkin ingin menambahkan kata kunci yang lebih spesifik yang akan mengarahkan users lebih dekat lagi. Semakin sempit dan spesifik keyword Anda, maka akan berimbas pada semakin tertargetnya audiences Anda dan kian sedikit kompetitor yang akan Anda hadapi.
  • Kendati penting untuk menuangkan pengulangan kata kunci ke dalam isi konten, namun sebaiknya jangan terlalu berlebihan. Search engine adalah sebuah alat yang cukup pintar. Mereka akan tahu jika Anda hanya bermain pada pengulangan keyword dan bukan menyediakan konten yang berkualitas. Hal yang paling Anda ingin hindari adalah saat mesin pencari menemukan kenyataan bahwa website Anda adalah bukan apa-apa selain rongsokan kata kunci.
  • Jaringan, jaringan dan jaringan. Tidak dapat membayangkan apa jadinya sebuah website yang tidak memiliki jaringan dengan website terkait lainnya. Kembangkan link dengan website serupa yang memiliki kemiripan bisnis dengan Anda.
  • Ingat, bahwa SEO adalah tentang keywords. Spiders tidak membaca gambar, mereka membaca teks. Jangan lupa untuk menyertakan link Anda di dalamnya. Ketimbang hanya mengatakan “klik di sini”, masukkan sedikit kata kunci ke dalamnya. Semisal, “Klik di sini untuk mendatangkan uang lewat online” atau “Masuk ke sini untuk cari tahu bisnis internet paling menguntungkan.”
  • Seperti yang telah disebutkan sebelumnya tentang gambar, namun jangan selalu memikirkan jika gambar tidak mampu memberikan kontribusi untuk SEO (jika Anda tahu caranya). Setiap gambar yang Anda masukkan ke dalam website, gunakan phrase keyword yang sesuai ke dalam alt=tag. Mesin pencari akan melihat gambar berdasarkan descriptive tag.
  • Sebelum website Anda di crawl oleh search engine spider, Anda harus meng-index nya terlebih dahulu. Anda bisa mensubmit mereka ke beberapa submission form yang biasanya disediakan oleh search engine itu sendiri. Tips yang penting diingat adalah kapanpun Anda memasukkan sebuah high profile ranked link ke dalam situs Anda, pastikan bahwa website Anda akan terindeks dengan cepat. Bayangkan bagaimana rasanya memiliki link dari CNN.com di dalam website Anda.
  • Apapun yang terjadi, jangan terpaku atau terlalu terobsesi dengan page rank. Setiap website dengan PR rendah masih berpeluang besar untuk naik ke peringkat utama di halaman hasil pencarian jika Anda telah mengimplementasikan strategi SEO yang tepat di sana.
Anda sudah melakukan langkah-langkah di atas? Atau malah punya cara jitu lainnya yang kami belum tahu? Sharing yuk di kolom komen biar pembaca lain paham…

0 komentar:

Posting Komentar