Cari Blog Ini

Senin, 21 November 2011

Tips SEO Untuk Fresh Blog

Tips SEO Ala Danu Akbar Untuk Fresh Blog
Tanpa basa - basi, langsung ke lanjutan tipsnya.
seperti yang sudah saya sebutkan di bagian pertama, Kali ini kita melibatkan beberapa plugin untuk membantu kita. Yaitu SEO Smart Link dan STT2.

Lalu, apa kegunaan 2 plugin tersebut? Sebenarnya keduanya sama fungsinya yaitu membangun internal link. Gunanya untuk meningkatkan posisi di SERP.

1. SEO Smart Link option.
nggak usah pake kata2 ya. langsung pake gambar aja. perhatikan yang saya kurung di kotak warna merah.

disana di tulis (may slow down performance). Tapi nggak terlalu mempengaruhi kok

2. STT2. pake gambar juga ya.


Mengapa di bagian "Convert search terms into links:" kita pilih yang "Yes, link to search page"? Nggak ada alasan khusus kok. Itu cuma untuk menambah index page aja. Soalnya halaman search kan suka di index jg. (Ada beberapa orang bilang, halaman search yang ke index itu nggak baik. Tp, untuk saya tidak.)

Ada beberapa lagi plugin yang bisa menambah index page blog anda. Yaitu auto tagger. Dimana setiap anda post, maka tag akan terisi secara otomatis. Resikonya, blog terisi banyak sekali tag. Dan ini tidak baik untuk jangka panjangnya. Ada juga plugin lain yang berguna seperi All In One SEO Pack, Related Post, Google XML Sitemap, dan masih banyak lagi.

Sekarang, tinggal ke masalah fisik blog. Blog ringan, disenengi sama google ( penentuan posisi SERP sekarang juga memperhatikan load page.) dan juga tentunya para visitor. Kita bisa memasang plugin cache seperti W3 Total Cache / WP Super Cache. Sedikit share pengalaman, plugin cache ini juga berguna supaya nggak di suspend sama hostgator. baru saja kemarin site saya ada yang kena suspend gara2 nggak pake plugin ini. Katanya visitornya banyak dan membuat overload CPU server dan mengakibatkan web lain yang seCPU jadi nggak stabil.

Lakukan tes, apakah blog anda sudah stabil atau belum. Caranya bukan command promt / CMD pada windows anda. Lalu tuliskan:

ping namadomain.com -t
lalu enter, lihat hasilanya. Apakah di atas seratus atau masih di bawah. Kalo udah di atas, udah bagus kok. Kalo masih di bawah 100, ada dua kemungkinan. Pertama, koneksi anda bermasalah. Kedua, memang blog anda blm stabil.

Penggunakan tag H (h1,h2,dst) juga harus di perhatikan. (Sudah banyak kok yang memberikan tutorial penyusunan tag H yang benar)

Sepertinya udah proporsi ON PAGE SEO sampai disini dulu. Untuk lebih lanjutnya, silahkan kembangkan sendiri. Dan sekarang saatnya pembahasan mengenai OFF PAGE SEO.

Yah.. yang namanya OFF PAGE SEO nggak lepas dari backlink. But, backlink yang bagus itu di innerpage / homepage berPR dan seniche dengan blog kita. Beberapa caranya:

Komentar.
Yup, komentar adalah salah satu cara efektif tanpa mengeluarkan biaya untuk menadapatkan backlink yang berkualitas. Sedikit tips dari saya untuk mencari lahan comment di site .edu. Pake dork ini di google:

site:.edu inurl:blog nicheanda
oh iya, nggak jaminan dapet backlink. Soalnya ada beberapa blog yang nggak autoapprove dan harus regis dulu kalo mau comment.

Text link ads
Dimana kita membayar orang untuk memasang link blog kita.

Dummy Blog.
Dimana kita membuat banyak blog yang pada intinya sebagai backing untuk menaikkan 1 blog.

Pemanfaatan social bookmark.
Pasti udah pada tau, selain dapet backlink, kita juga dapet trafik.

Forum poster.
Sama kayak tekniknya para master - master blog

Sekain dulu ya tips dari saya. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Tolong kalo ada yang salah di koreksi Kalo ada waktu, nanti kita berbagi lagi. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar